3

One of a Moment I Love to Remember on 2011 LOMBA VOCAL GROUP PLN SE-INDONESIA BARAT

Well, it’s been a long time since the first time I wrote my blog post here.  

“ Terang .. Terang .. Terang Benderang .. Menghiasi Nusantara ...
  Terang .. Terang .. Terang Benderang .. Rumah Anda Teraangg Kami pun Senaaaanggg .."

Rasanya seperti masih kemarin sore. Tapi itu sudah setahun yang lalu. Waktu itu, di sekitar pertengahan bulan September 2011, hampir tiap sore suara nyanyian itu pasti menggaung dari Ruangan Auditorium PT PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan. Lagu ciptaan Ir. Harry Jaya Pahlawan (Direktur PLN Operasi Indonesia Barat) itu merupakan lagu wajib yang harus dibawakan pada Lomba Vocal Group PLN Se-Indonesia Barat, yang ketika itu dilaksanakan sebagai salah satu perayaan Hari Listrik Nasional. Otomatis setiap kali latihan, lagu itu pasti dinyanyikan. 

“Ariiiniiii... kenapa kamu ngikut Anti ke suara Alto. Kamu sopran aja.. Lugannaaa.. Rizkii pecah suaraaa. Pak Dedi.. fokus Bang.. belum hapal ya liriknya.. (sambil nepok jidat). Yang lain ayo sudahh jangan ketawa aja..” sela pelatih kami, Bang Roy, dengan logat bataknya di setiap latihan.

Total anggota dari Tim Vocal Group dari Unit kami banyaknya 12 orang yang dipilih dari semacam audisi, 8 orang perempuan, 3 orang laki-laki. Dan kebetulan hampir semuanya termasuk pegawai muda PLN, dengan tahun kelahiran 1985-1990. Kecuali Pak Dedy & Pak Helmy, mereka termasuk sudah sangat senior dibanding yang lain.. tapi duo kocak itu forever young, jiwa dan semangatnya asli mirip tujuh belas tahun.

 Performance Tim Vocal Group PLN KITSBS di Babak Penyisihan.

Mulai Babak Penyisihan sampai Babak Final, Tim Vocal Group KITSBS memang sengaja ingin tampil agak berbeda dari Tim dari Unit yang lain. Untuk kostum, kami lebih condong ke warna-warni yang cerah dipadu dengan kain songket khas Palembang untuk menambah ciri khas kedaerahan dari Unit kami, sementara kebanyakan Tim dari Unit lain tampil dengan bentuk dan warna kostum yang senada. 


Performance Tim Vocal Group PLN KITSBS di Babak Final. 

Waktu itu bisa dibilang support terbesar datang dari Bu Fajar Munikah, yang saat itu menjabat sebagai Manajer Bidang SDM & ADM di KITSBS. Siapapun yang mengenal beliau pasti kenal pula akan karakter uniknya. Di satu sisi beliau adalah sosok wanita yang disegani, tapi di sisi lain beliau juga merupakan sahabat dekat bagi pegawai muda PLN di KITSBS.

“Kita ya harus menunjukan semangat dan kemampuan dibanding yang lain. Kudu membanggakan lan gak ngisin-ngisinke KITSBS. Sing penting latihan sing maksimal, persiapan yo kudu maksimal, hasile mengikuti.” Kutipan pesan Bu Fajar waktu itu. Aksen Jawanya memang gak pernah ketinggalan, kurang lebih beliau berpesan seperti itu; dalam kesempatan yang bagaimanapun yang namanya semangat dan kemampuan itu harus ditunjukkan dengan diiringi usaha yang maksimal, lalu hasil yang baik akan mengikuti.

Dan Alhamdulillah.. hasil yang baik itu ternyata benar-benar mengikuti. Setelah lolos Babak Penyisihan, latihan dan latihan lagi. Akhirnya di Babak Final PT PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan berhasil meraih Juara II Lomba Vocal Group PLN Se-Indonesia Barat! Bukan main senang, lega dan bangganya perasaan kami waktu itu.


Me Kissing our Trophy :* 

Satu hal yang pasti.. Berkarya dan berprestasi itu bisa dimanifestasikan dalam berbagai kesempatan, dan oleh karenanya acara semacam ini jelas diperlukan di perusahaan manapun. Lebih-lebih di perusahaan yang “maskulin” seperti PLN. Bukan tidak mungkin bila PLN akan mendapatkan keuntungan dua sisi dari terlaksananya acara-acara semacam ini: dari segi intern, terjadi interaksi antar Unit PLN dalam berprestasi pada hal positif, sementara dari segi eksternal, apabila kegiatan semacam ini berkelanjutan bahkan dikembangkan ke arah sosial maka akan menambah citra positif pula bagi PLN.

Kata orang, sebuah lagu adalah ekspresi dari sebuah perasaan, yang di dalamnya tersisipkan pesan. Ketika Banyak BUMN sudah memanfaatkan lagu sebagai media promosi ke masyarakat luas, giliran PLN selanjutnya, mengapa tidak. Call center PLN 123 siapa tahu ke depannya bisa menyapa nusantara tidak hanya dengan kalimat “Selamat datang di PLN 123”, namun juga menyajikan nada tunggu lagu PLN dengan pesan tertentu “Hemat Energi.. Hemat Biaya..” misalnya.

* * *

|

3 Comments


Kontennya naratif sekaligus juga inspiratif dengan beberapa ide terlontar.Nyaris tanpa mistyping dan tata bahasanya sungguh bagus.

Last but not least, sepertinya penulis gemar membaca.


Mbak cantik udah nulis lagi setelah lama vakum di dunia menulis, gmn kabar mbak?


kapn2 perlu dah di uji vokalnya di inul vista :)

Post a Comment

Copyright © 2009 ARINI MJ All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.