1
RADAR BANDARA MATI BUKAN SALAH PLN

“Ya ampun ini kenapa connectnya harus nunggu lama banget. Kok lucu toh, piye iki.” Kata Mas Fajar dari meja sebelah, sambil scroll down-scroll up jadwal dan tarif sebuah penerbangan lokal di tampilan layar komputer kantornya.
“Kenapa emangnya, Mas?”
“Ini Rin.., lusa kan dinas ke Ombilin, cari tiket penerbangan ke Padang lha kok lucu gini, waktu connectnya jauh semua, masa sampe Jakarta jam sepuluh pagi terus baru berangkat lagi dari Padang jam setengah empat sore. Belum sama delay-nya itu. Wong sudah langganan delay. Kapan itu Radar Bandara Soetta juga sempet mati lho.”
“Iya Mas, yang itu aku tau, beberapa hari setelah Radar Bandara Soetta mati aku juga lagi ada flight Jakarta-Palembang, sampe waktu itu masih lumayan banyak juga yang kuatir jadwal penerbangannya bakal kacau lagi. Aku ada ngobrol ama Bapak-Bapak gitu di waiting room, yang salah paham tentang sebab matinya radar bandara. Padahal Radar Bandara mati bukan salah PLN.”

...................................................................................................................................................................................
* * *

General Manager ATS Bandara Soekarno Hatta, Budi Hendro mengaku padamnya listrik yang mengakibatkan tak berfungsinya radar bukan kesalahan PLN.  "Peristiwa seperti ini bisa terjadi di negara manapun, dan peristiwa kali ini tidak ada sangkut pautnya dengan PLN tapi karena ada gangguan di kami, tapi ini sudah dapat kita atasi, pada pukul 21.00 WIB semalam semua sudah normal," kata Budi pada Okezone, Senin (17/12/2012).
Seperti diketahui radar di Bandara Soekarno Hatta sempat mengalami kerusakan pada Minggu, 16 Desember 2012 akibat terbakarnya Uninterruptible Power Supply (UPS). UPS adalah perangkat pendukung pasokan energi listrik ke jaringan komputer yang berfungsi untuk memandu pesawat di bandara. Terbakarnya UPS menyebabkan radar di bandara itu mati. Akibatnya, puluhan jadwal penerbangan terganggu karena banyak pesawat tak bisa mendarat maupun lepas landas selama radar di bandara padam (Viva News, Jumat, 21 Desember 2012).
* * *
I wish it  nice to know, people..
Lain kali kita bahas lebih banyak tentang pemadaman ya. Rasanya belum banyak yang kenal lebih jauh definisi dan sebab-sebab pemadaman. Mungkin karena itu juga akhirnya lampu mati identik dengan pemadaman. Padahal? Jelas belum tentu. Yah, tapi di hati ini ada keyakinan bahwa suatu saat kondisi itu akan berbalik dan akan tiba saatnya dimana jumlah masyarakat yang paham makna pemadaman adalah mayoritas. Sampai saat itu, putra-putri negara  yang mengabdi di Perusahaan Listrik Negara ini juga tidak hanya akan berdiam diri saja, tentu terus berkarya, berprestasi, dan membawa kemajuan. Ya kan teman-teman? :)
Bekerja, Bekerja, Bekerja.
Electricity for a better life.
* * *

Sumber:


|

1 Comments


Informasi bersifat klarifikasi model seperti ini perlu di "buzz" lewat media sosial selain melalui media massa.

Tujuannya agar ketidakpahaman dan kesalahpahaman publik atas insiden serupa bisa dihindari seminimal mungkin.

Post a Comment

Copyright © 2009 ARINI MJ All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.