0

PLN DAN MASA DEPAN

Saya sendiri menggambarkan masa depan sebagai sebuah masa yang akan datang, yang penuh dengan manifestasi harapan, dan diiringi dengan realisasi yang nyata. Perwujudan masa depan tersebut seringkali pada akhirnya menjadi lebih identik dengan sebuah kemajuan atau perubahan ke arah yang lebih baik. Oleh karena itulah mengapa saya ingin sekali katakan bahwa masa depan adalah masa yang penuh harapan. Harapan-harapan yang tentu saja hanya akan tercapai melalui usaha-usaha nyata dalam proses yang sempurna.

***


Electricity for a better life.
Listrik untuk kehidupan yang lebih baik, itulah slogan PLN yang sarat makna akan tujuan dan harapan untuk membawa kehidupan Indonesia ke arah yang lebih baik. Lalu pertanyaannya adalah, “Bagaimana cara PLN untuk membawa masa depan Indonesia menjadi lebih baik?”.

Dalam mayoritas perwujudannya, masa depan yang lebih baik biasanya seiring dengan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi. Teknologi itu sendiri boleh dibilang telah membuktikan kehebatannya dalam memudahkan bermacam aspek dalam kehidupan manusia, dalam hal kelistrikan contohnya.

Setiap malam, kampung saya selalu gelap, sebelum akhirnya PLN menyapa di sekitar tahun 1996. Masuknya PLN pun tidaklah mudah. Butuh waktu hingga berbulan-bulan. Pasalnya mengangkut beton-beton tiang listrik yang besar itu bukanlah pekerjaan mudah. Apalagi lokasi daerah saya yang menanjak dan jauh. Namun, karena harapan yang besar akan sinar listrik agar segera mewujud, kesulitan itu pun bisa teratasi. Alhasil, kampung saya pun bisa disinari listrik PLN. Mulai saat itu, perubahan mulai terjadi. Perlahan, berbagai alat elektronik seperti TV mulai masuk, meski baru TV hitam putih. PLN telah mampu mengubah peradaban daerah tertinggal untuk menghirup dan menyerap kemajuan-kemajuan yang telah terjadi di daerah lain.” (Cucun Hendriana, 02 Oktober 2012)

Penggalan cerita di atas adalah salah satu postingan menarik yang saya temukan, yang merupakan sebuah testimoni nyata yang mungkin dapat membuktikan salah satu cara PLN dalam membantu Indonesia untuk membawa kehidupan yang lebih baik dengan teknologi kelistrikannya.

***

Tidak berhenti di situ saja, kalau  hanya perihal melistriki Negara itu jelas memang sudah tugas dan tanggung jawab PLN, namun bagaimana PLN harus terus berkembang dengan teknologi kelistrikan yang luar biasa demi kehidupan  Indonesia yang lebih baik dan lebih baik lagi, itulah tantangan ke depan yang sesungguhnya.

Dan untuk menjawab tantangan  tersebut, PLN pun tampak terus berusaha dengan berbagai gerilya usaha nyata. Bila kita tengok lebih jauh, maka kita akan mendapati bahwa dalam lingkungan  internalnya, Perusahaan Listrik Negara itu terus mendorong para pegawainya untuk tidak pernah berhenti berkreasi dan menghasilkan karya-karya inovasi, dan bahkan memberikan penilaian khusus kepada mereka yang aktif dan produktif dalam menghasilkan karya Inovasi yang berguna, terlebih lagi kepada mereka yang keluar sebagai pemenang-pemenang Lomba Karya Inovasi yang rutin diadakan oleh perusahaan tersebut.



Salah satu inovasi dari layanan PLN yang  menjanjikan kemudahan, kebebasan dan kenyamanan bagi pelanggannya adalah Listrik Pintar, Solusi isi ulang dari PLN. Seperti halnya pulsa isi ulang pada telepon seluler, maka pada sistem listrik pintar, pelanggan juga terlebih dahulu membeli pulsa (voucher/token listrik isi ulang) yang terdiri dari 20 digit nomor yang bisa diperoleh melalui gerai ATM sejumlah bank atau melalui loket-loket pembayaran tagihan listrik online. Sehingga dengan listrik pintar, setiap pelanggan secara real time, setiap saat, kapan saja dapat mengetahui secara persis penggunaan listrik di rumah dan bisa mengendalikan sendiri penggunaan listriknya sesuai kebutuhan dan kemampuannya.



Sementara bagi lingkungan eksternal, PLN pun juga telah banyak mengembangkan teknologi demi kelistrikan Indonesia yang lebih baik. Launching PLN 123 di media sosial misalnya, yang mana kini selain melaluui layanan telepon call center 123, sekarang masyarakat juga dapat menyampaikan gangguan listrik langsung secara online baik melalui facebook ataupun twitter, yang akan ditindaklanjuti dengan feedback dan layanan pelaporan yang tersistem.




Menyikapi perkembangan teknologi yang seperti tak akan pernah berhenti yang contohnya dapat dibuktikan dengan hadirnya konsep mobil listrik yang kabarnya akan diluncurkan pada 2014, maka tentunya PLN ke depan jelas akan semakin ditantang untuk lebih dan lebih mengembangkan kelistrikan di Indonesia, karena terkait hal tersebut PLN juga harus siap sedia dalam support pengembangan stasiun pengisian listrik. Yang jelas, PLN memang harus selalu siap untuk memfasilitasi harapan-harapan masa depan, termasuk mobil listrik yang disinyalir akan menjadi kendaraan masa depan karena sifatnya yang hemat energi dan ramah lingkungan. “Let’s green and go electric”. Demi masa depan Indonesia yang lebih baik.


***

|

0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 ARINI MJ All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.